Tips Mencegah Input Data yang Sama Pada Excel

Tips Mencegah Input Data yang Sama Pada Excel – Baiklah sobat kami akan berbagi tips untuk mencegah input data yang sama pada sebuah tabel di excel. Misalkan kita ingin membuat data kode barang penjualan pada sebuah toko, pastinya nomor kode pada setiap barang akan berbeda – beda. Agar tidak terjadi kekeliruan dalam membaca data jenis barang. Oleh sebab itu perlu ketelitian dalam melakukan pengisian data agar tidak terjadi kesamaan. Tetapi dengan tips yang akan kami berikan sobat tidak perlu lagi khawatir apabila terjadi kesamaan dalam menginput data. Karena kita akan bahas pada materi ini untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Kita akan menggunakan fitur data validation untuk mencegah terjadinya kesamaan pengisian data. Dengan data validation sobat akan di beri peringatan apabila terjadi kesamaan dalam memasukkan data. Baiklah ikuti dengan baik langkah – langkah yang akan kami berikan.

Langkah 1 – Buat tabel untuk pengisian data kode barang.

Tips Mencegah Input Data yang Sama Pada Excel


Langkah 2 – Buka data validation.
Langkah 3 – Pilih custom pada bagian allow.
Langkah 4 – Masukan rumus formulanya beserta dengan range yang ditentukan.

Rumus formula :

=COUNTIF($C$4:$C$13,C4)=1


Countif adalah rumus formula yang digunakan untuk menghitung jumlah cell yang berisi data dengan memberikan sebuah kriteria. Sedangkan range ($C$4:$C$13) menunjukkan area yang tidak dapat dimasukkan data dalam bentuk yang sama. Agar data yang dimasukkan tidak boleh lebih dari satu maka pada rumus formula diatas ditulis (=1).

Tips Mencegah Input Data yang Sama Pada Excel


Langkah 5 – Setelah itu kita buat Error Alert yang terdapat pada menu data validation.

Tips Mencegah Input Data yang Sama Pada Excel


Langkah 6 – Apabila terjadi kesamaan dalam input data, maka akan di tampilkan seperti ini.

Tips Mencegah Input Data yang Sama Pada Excel


Pada gambar diatas menunjukkan bahwa kode yang di input pada barang nomor 5 sama dengan kode barang nomor 3. Sehingga keluar peringatan (error alert) agar kita menggantinya dengan kode yang lain.

Sekian untuk materi tips yang kami berikan. Semoga materi diatas bermanfaat dan membantu pekerjaan sobat dalam menggunakan excel.


Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *