Belajar Microsoft Word Khusus Pemula

Tutorial Office – Microsoft Office Word atau yang biasa kita sebut Word adalah sebuah software perangkat lunak milik perusahaan Microsoft. Dengan menggunakan Microsoft Word, memungkinkan sobat untuk membuat dan mengedit sebuah dokumen seperti surat, laporan, faktur, email dan buku. Secara umum dokumen yang di buat dan disimpan di Word formatnya adalah docx.

Belajar Microsoft Word Khusus Pemula

Fungsi Microsoft Word

Secara umum microsoft word dapat di gunakan untuk :

– Pembuatan dokumen untuk keperluan kantor, bisnis, sekolah dll dengan disertai berbagai grafis seperti gambar, grafik dan diagram.
– Pembuatan dokument lainya seperti cover, undangan, kop surat dll.

Memulai Microsoft Word

Sebelum sobat menjalankan Microsoft Word, pastikan komputer sobat sudah terinstal softwarenya. Silahkan menggunakan versi yang mana saja, karena secara umum cara pengoperasiannya masih sama. Pada tutorial ini saya menggunakan Microsoft Word 2007.

1. Buka Microsoft Word

Langkahnya dengan cara

Klik Start >>> All Program >>> Microsoft Office >>> Microsoft Word lalu klik 2x

071818 0708 BelajarMicr2 - Belajar Microsoft Word Khusus Pemula

Berikut ini adalah tampilan Microsoft Word 2007 beserta dengan penjelasanannya.
071818 0708 BelajarMicr3 - Belajar Microsoft Word Khusus PemulaBagian – bagian pada Microsoft Word :

Office Button – Fitur ini adalah fitur baru di microsoft office 2007 yang terdahulunya menggantikan menu file. di menu ini sobat dapat menggunakanya sebagai tempat Open (membuka), Save (menyimpan), Print (mencetak) dll.

Quick Acces Toolbar – Fitur ini berfungsi sebagai jalan pintas untuk mengakses ke menu yang lain dengan cara yang cepat. sobat dapat mengatur sesuai dengan keinginan sobat.

Ribbon – Di dalam fitur ini berisi perintah – perintah atau peralatan untuk membantu sobat dalam pembuatan dokumen.

Title Bar – Terletak paling atas tengah, sebagai penunjuk judul document yang sedang aktif.

Ruller – Fitur ini berfungsi sebagai pengatur margin pada document.

Document Area – Tempat dimana sobat melakukan aktivitas pengetikan, apa saja yang sobat ketik di keyboard akan tertulis disini.

Status Bar – Fitur ini berisi petunjuk total halaman dokumen dan total kata beserta huruf yang sobat buat.

View Buttons – Fitur ini berfungsi untuk mengatur tampilan jendela kerja. pada fitur ini terdapat 5 fitur yaitu :

  • Print Layout View – Memberikan tampilan layar seperti saat di cetak.
  • Full Sreen Reading View – Memberikan tampilan layar penuh dokumen.
  • Web layout View – Menunjukkan bagaimana dokumen akan tampil melalui web browsing.
  • Outline View – Memberikan tampilan dengan standar heading pada word.
  • Header View – Memberikan tampilan seperti saat di cetak tetapi memiliki pengecualian misalkan header dan footer tidak di tampilkan.

Zoom Control – Fitur ini digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan layar dokumen.

Baca juga tutorial kami lainnya :

Cara Menggunakan Fungsi COUNTIF dan COUNTIFS pada Microsoft Excel

Cara Lengkap Menggunakan Filter di Excel

2. Mulai Mengetik

Setelah sobat sudah memahami lingkup kerja Microsoft Word. Sobat bisa memulai pembuatan dokumen, contoh pembuatan surat, laporan atau yang lainnya. Mulai dengan meletakkan kursor di lembar kerja, setelah itu ketiklah dokumen sesuai dengan keinginan sobat. sobat juga terlebih dahulu mengatur font dan size yang digunakan. Pada umumnya untuk penulisan teks yang baik kami memberi saran menggunakan Times New Roman, Arial, Tahoma atau Verdana. Sedangkan untuk size secara umum sobat bisa menggunakan size sebesar 10.

071818 0708 BelajarMicr4 - Belajar Microsoft Word Khusus Pemula

3. Menyimpan Dokumen

Setelah sobat selesai melakukan pekerjaan di Microsoft Word, sobat dapat menyimpan data yang telah di buat dan dapat di buka kembali saat akan di gunakan lagi. langkahnya dengan cara

Klik Office Button >>> Save


Ada dua opsi dalam pemilihan penyimpanan data

  • Save : di gunakan untuk menyimpan data baru.
  • Save As :di gunakan untuk menyimpan kembali data yang telah diedit tanpa merubah data yang lama.

071818 0708 BelajarMicr5 - Belajar Microsoft Word Khusus Pemula

Setelah itu pilih tempat penyimpanan dan pastikan dokumen telah di beri nama/judul. Sehingga sobat dapat dengan dengan mudah menemukan kembali tersebut jika ingin di gunakan kembali.

071818 0708 BelajarMicr6 - Belajar Microsoft Word Khusus Pemula

4. Mencetak Dokumen

Apabila sobat ingin mencetak dokument secara langsung, sobat dapat melakukanya dengan langkah sebagai berikut

Klik Office Button >>> Print >>> OK

071818 0708 BelajarMicr7 - Belajar Microsoft Word Khusus Pemula


Sobat juga bisa pilih print preview, jika sobat ingin mengatur margin, paper, skala dll.
Setelah itu pilih printer sobat yang di pakai dan terakhir tekan ok.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuksobat semua.

Selamat mencoba dan terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *